Pemetaan KD kelas 1
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)
Assalamualaikum wrwb.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut.
Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini dibuat pada dokumen excel. Untuk memudahkan bapak - ibu guru dapat mengedit nama sekolah, tanggal, bulan dan tahun, dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing - masing. Dokumen tersebut sudah disesuaikan dengan penggunaan pemetaan KD per-PB.
selengkapnya dapat di unduh disini
Pemetaan KD kelas 1 ini semoga dapat sedikit mempermudah rekan guru dalam melengkapi administrasi kelas, dan untuk perbaikan dikemudian hari sudi kiranya sahabat yang berkunjung ke blog ini untuk memberikan kritik/ saran/ masukan sehingga tulisan ini dapat lebih disempurnakan. aamiin.
Assalamualaikum wrwb.
Berikut ini saya akan mencoba membagikan format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) bagi guru kelas 1. Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud No.24 Tahun 2016.
Berikut ini sebagian lampirannya :
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR SD / MI
KELAS: I
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menerima dan menjalankan
ajaran
agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah
“Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi siswa.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
4. menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 memahami kegiatan
persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan
buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri
ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang) dengan cara yang benar
|
4.1 mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk
wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik
halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya
yang terang) dengan benar
|
3.2 memahami kegiatan persiapan
menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku,
jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang
benar
|
4.2 mempraktikkan kegiatan
persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara
meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah,
kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di
udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar,
membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk
gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar
|
3.3 memahami lambang bunyi
vokal dan konsonan dalam kata
bahasa Indonesia atau bahasa daerah
|
4.3 melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia
atau bahasa daerah
|
3.4 memahami kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta
perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,
dan/atau syair lagu)
|
4.4 menyampaikan penjelasan dengan kosakata yang tepat tentang anggota
tubuh dan pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
|
3.5 memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks
pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
|
4.5 mengemukakan penjelasan dengan kosakata bahasa Indonesia dan
pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan
|
3.6 memahami kosakata bahasa Indonesia tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana,
tulisan, dan/atau syair lagu)
|
4.6 menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat tentang
berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa
gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)
|
3.7 memahami kosakata bahasa Indonesia yang berkaitan dengan peristiwa
siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
|
4.7 menyampaikan penjelasan dengan kosakata bahasa Indonesia berkaitan
dengan peristiwa siang dan malam melalui
teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
|
3.8 memahami ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf,
tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk
kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan
tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
|
4.8 mengucapkan ungkapan terima
kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan
bahasa yang santun kepada orang lain
secara lisan dan tulis
|
3.9 memahami kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah
|
4.9 menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sderhana dalam
bentuk lisan dan tulis
|
3.10 memahami kosakata
hubungan kekeluargaan melalui
gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
|
4.10 menggunakan kosakata yang
tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan
bantuan gambar/bagan silsilah keluarga
|
3.11 memahami puisi anak/syair
lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
|
4.11 melisankan puisi anak /syair
lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri
|
Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini dibuat pada dokumen excel. Untuk memudahkan bapak - ibu guru dapat mengedit nama sekolah, tanggal, bulan dan tahun, dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing - masing. Dokumen tersebut sudah disesuaikan dengan penggunaan pemetaan KD per-PB.
selengkapnya dapat di unduh disini
Pemetaan KD kelas 1 ini semoga dapat sedikit mempermudah rekan guru dalam melengkapi administrasi kelas, dan untuk perbaikan dikemudian hari sudi kiranya sahabat yang berkunjung ke blog ini untuk memberikan kritik/ saran/ masukan sehingga tulisan ini dapat lebih disempurnakan. aamiin.
0 Komentar untuk "Pemetaan KD kelas 1"
Post a Comment