Pemetaan KD kelas 1 - mim'scre@te -->

Pemetaan KD kelas 1

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)

Assalamualaikum wrwb.
Berikut ini saya akan mencoba membagikan format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) bagi guru kelas 1. Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud No.24 Tahun 2016.
Berikut ini sebagian lampirannya :



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SD / MI


KELAS: I



Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,  yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.



Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menerima dan menjalankan  ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.


Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia





KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    memahami kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) dengan cara yang benar
4.1    mempraktikkan  kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) dengan benar
3.2   memahami kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar





4.2    mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar
3.3   memahami lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3    melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
3.4   memahami kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu)
4.4   menyampaikan penjelasan dengan kosakata yang tepat tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
3.5   memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
4.5   mengemukakan penjelasan dengan kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan
3.6   memahami kosakata bahasa Indonesia tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)

4.6   menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)
3.7   memahami kosakata bahasa Indonesia yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)

4.7   menyampaikan penjelasan dengan kosakata bahasa Indonesia berkaitan dengan peristiwa siang dan malam  melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
3.8   memahami ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.8   mengucapkan ungkapan  terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain  secara lisan dan tulis


3.9   memahami kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.9   menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sderhana dalam bentuk  lisan dan tulis
3.10 memahami kosakata hubungan  kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah

4.10 menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan  silsilah keluarga

3.11 memahami puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan

4.11 melisankan puisi anak /syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri


Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini dibuat pada dokumen excel. Untuk memudahkan bapak - ibu guru dapat mengedit nama sekolah, tanggal, bulan dan tahun, dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing - masing. Dokumen tersebut sudah disesuaikan dengan penggunaan pemetaan KD per-PB.



selengkapnya dapat di unduh disini

Pemetaan KD kelas 1 ini semoga dapat sedikit mempermudah rekan guru dalam melengkapi administrasi kelas, dan untuk perbaikan dikemudian hari sudi kiranya sahabat yang berkunjung ke blog ini untuk memberikan kritik/ saran/ masukan sehingga tulisan ini dapat lebih disempurnakan. aamiin.

0 Komentar untuk "Pemetaan KD kelas 1"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel