Pemetaan KD kelas 1
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)
Assalamualaikum wrwb.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
  
Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini dibuat pada dokumen excel. Untuk memudahkan bapak - ibu guru dapat mengedit nama sekolah, tanggal, bulan dan tahun, dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing - masing. Dokumen tersebut sudah disesuaikan dengan penggunaan pemetaan KD per-PB.

selengkapnya dapat di unduh disini
Pemetaan KD kelas 1 ini semoga dapat sedikit mempermudah rekan guru dalam melengkapi administrasi kelas, dan untuk perbaikan dikemudian hari sudi kiranya sahabat yang berkunjung ke blog ini untuk memberikan kritik/ saran/ masukan sehingga tulisan ini dapat lebih disempurnakan. aamiin.
Assalamualaikum wrwb.
Berikut ini saya akan mencoba membagikan format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) bagi guru kelas 1. Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud No.24 Tahun 2016. 
Berikut ini sebagian lampirannya :
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR SD / MI
KELAS: I
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,  yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menerima dan menjalankan
 ajaran
agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah
“Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi siswa. 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
 | 
  
KOMPETENSI
  INTI 4 (KETERAMPILAN) 
 | 
 
3.      memahami pengetahuan faktual
  dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
  rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
  benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah 
 | 
  
4.      menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
  logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
  dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
  mulia 
 | 
 
KOMPETENSI DASAR 
 | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
3.1    memahami kegiatan
  persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan
  buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri
  ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang 
  terang) dengan cara yang benar  
 | 
  
4.1    mempraktikkan  kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk
  wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik
  halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya
  yang  terang) dengan benar 
 | 
 
3.2   memahami kegiatan persiapan
  menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku,
  jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang
  benar 
 | 
  
4.2    mempraktikkan kegiatan
  persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara
  meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah,
  kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di
  udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar,
  membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk
  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar 
 | 
 
3.3    memahami lambang bunyi 
  vokal dan konsonan  dalam kata
  bahasa Indonesia atau bahasa daerah 
 | 
  
4.3    melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia
  atau bahasa daerah 
 | 
 
3.4    memahami kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta
  perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,
  dan/atau syair lagu) 
 | 
  
4.4    menyampaikan penjelasan dengan kosakata yang tepat tentang anggota
  tubuh dan pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa
  Indonesia lisan dan tulis 
 | 
 
3.5    memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks
  pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) 
 | 
  
4.5    mengemukakan penjelasan dengan kosakata bahasa Indonesia dan
  pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan 
 | 
 
3.6    memahami kosakata bahasa Indonesia tentang berbagai jenis benda di
  lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana,
  tulisan, dan/atau syair lagu)  
 | 
  
4.6    menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat tentang
  berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa
  gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) 
 | 
 
3.7    memahami kosakata bahasa Indonesia yang berkaitan dengan peristiwa
  siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) 
 | 
  
4.7    menyampaikan penjelasan dengan kosakata bahasa Indonesia berkaitan
  dengan peristiwa siang dan malam  melalui
  teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) 
 | 
 
3.8    memahami ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf,
  tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk
  kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan
  tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah 
 | 
  
4.8    mengucapkan ungkapan  terima
  kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan
  bahasa yang santun kepada orang lain 
  secara lisan dan tulis 
 | 
 
3.9    memahami kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
  orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
  dengan kosakata bahasa daerah 
 | 
  
4.9    menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan
  diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sderhana dalam
  bentuk  lisan dan tulis 
 | 
 
3.10  memahami kosakata
  hubungan  kekeluargaan melalui
  gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah 
 | 
  
4.10  menggunakan kosakata yang
  tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan
  bantuan gambar/bagan  silsilah keluarga 
 | 
 
3.11  memahami puisi anak/syair
  lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
  sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan 
 | 
   
4.11  melisankan puisi anak /syair
  lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
  sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri 
 | 
 
Format pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) ini dibuat pada dokumen excel. Untuk memudahkan bapak - ibu guru dapat mengedit nama sekolah, tanggal, bulan dan tahun, dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing - masing. Dokumen tersebut sudah disesuaikan dengan penggunaan pemetaan KD per-PB.
selengkapnya dapat di unduh disini
Pemetaan KD kelas 1 ini semoga dapat sedikit mempermudah rekan guru dalam melengkapi administrasi kelas, dan untuk perbaikan dikemudian hari sudi kiranya sahabat yang berkunjung ke blog ini untuk memberikan kritik/ saran/ masukan sehingga tulisan ini dapat lebih disempurnakan. aamiin.

0 Komentar untuk "Pemetaan KD kelas 1"
Post a Comment