Koreksi US 2018/2019 - mim'scre@te -->

Koreksi US 2018/2019


Assalamu'alaikum wrwb.

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan pembelajaran membimbing putra-putri kita dalam kegiatan belajar di sekolah. Semoga putra-putri kita diberikan kecerdasan dan pemahaman dalam menerima pembelajaran serta mampu bermanfaat bagi orang banyak, sehingga semoga salah satu dari mereka mampu menjadi penyebab masuknya kita ke syurga-Nya...aamiin...

Kegiatan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) sudah dilaksanakan beberapa saat yang lalu, hasil penilaian USBN akan diumumkan sekitar bulan Juni atau Juli 2019. Hasil penilaian USBN akan diberikan kepada para peserta didik dalam bentuk SKHUSBN (Surat Keterangan Hasil  Ujian Sekolah Berstandar Nasional) atau lebih familiar dengan sebutan NEM.  SKHUSBN tersebut yang akan digunakan sebagai syarat untuk mendaftarkan peserta didik ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, selain KK dan akte kelahiran.

Kegiatan yang tak kalah penting adalah US (Ujian Sekolah) Utama sebagai pendamping USBN. Nantinya hasil penilaian US akan dijadikan input untuk penilaian ijazah selain nilai rapot dan nilai praktek.

Mapel (Mata Pelajaran) yang akan di US-kan terdiri dari Pendidikan Agama dan Budi pekerti, Pendidikan kewarganegaraan (PKn), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), SBDP (Seni Budaya Dan Prakarya), Bahasa Inggris, dan Budi Pekerti (BP). Pelaksanaan kegiatan US di Kota Tangerang akan diadakan pada tanggal 2, 3, dan 4 Mei 2019. Seluruh peserta didik kelas 6 tingkat sekolah dasar (SD) di 13 kecamatan Kota Tangerang provinsi Banten akan secara bersamaan mengikuti kegiatan Ujian Sekolah (US utama) tersebut.

Setelah pelaksanaan US utama akan ada tugas untuk korektor, yaitu mengkoreksi soal dan memberikan penilaian terhadap LJK yang sudah dikerjakan peserta didik setelah mengikuti US utama tersebut. LJK tersebut akan dikoreksi oleh guru – guru yang diberikan tugas sebagai korektor untuk mengkoreksi dan menilai LJK tersebut. Dan itu bukan hal yang mudah. Diperlukan kecekatan dan ketelitian dalam melakukan penilaian hasil US utama.

Oleh karena itu, untuk sedikit meringankan dari sekian banyak pilihan dalam melakukan persiapan US utama yang sedang dilaksanakan, dalam tulisan kali ini saya bermaksud membagikan file Koreksi US 2018/2019. File ini merupakan file excel sederhana semoga bisa sedikit membantu teman-teman dalam mempersiapkan penghitungan nilai US utama. Semoga File kecil ini  bisa menjadi sekelumit referensi dalam membuat analisa soal US utama dan hasil US utama. Khususnya bagi bapak – Ibu guru yang diberikan tugas dari kepala sekolah sebagai korektor.

Koreksi US 2018/2019 ini disesuaikan dengan butir soal try out untuk masing – masing mata pelajaran (mapel). Pendidikan kewarganegaraan (PKn), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), SBDP (Seni Budaya Dan Prakarya), dan Budi Pekerti (BP) dengan 40 soal pilihan ganda dan 5 soal isian.
Berikut ditampilkan  Koreksi US 2018/2019 pada file excel: analisis soal


Untuk soal pilihan ganda, silahkan input jawaban sesuai jawaban yang tertera pada lembar jawaban komputer (LJK) peserta didik. Dan untuk soal isian silahkan isikan point 1 atau 2 (atau bisa disesuaikan sesuai kebutuhan). Bobot soal silahkan disesuaikan pada menu bobot nilai seperti berikut;


Rekap nilai US secara keseluruhan akan tampil sesuai hasil analisa soal;


Hasil penilaian peserta didik akan tampil pada menu Rekap Kolektif, dapat langsung dicetak / print. Bila ingin dipindahkan atau copy-paste, gunakan paste-values atau silahkan ikuti petunjuk. Bila tidak, maka yang akan ter-paste adalah formula/rumus bukan angka yang tertera pada rekap nilai.

Untuk memindahkan ke daftar nilai masing-masing ruang ujian, tidak perlu lagi menyalin ke daftar nilai, cukup klik menu ‘Rekap Nilai Ruang’. Rekap Nilai Ruang sudah siap dan dapat langsung  dicetak sesuai ruang ;


demikian file koreksi US1819 ini.  Semoga dapat menjadi sekelumit data yang disimpan di flashdisk teman-teman bila dibutuhkan nantinya. file koreksi US1819 lengkapnya silahkan unduh KoreksiUS 2018/2019

Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Koreksi US 2018/2019 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.

Saran kritik atas
Koreksi US 2018/2019  diatas silahkan tuliskan di komentar.

terimakasih..    
wassalamu'alaikum wrwb..

#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya

4 Komentar untuk "Koreksi US 2018/2019"

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel