Menentukan Rentang Nilai di Excel - mim'scre@te -->

Menentukan Rentang Nilai di Excel


Assalamu'alaikum wrwb
Selamat datang di blog imammuhri38.blogspot.com!

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan pembelajaran membimbing putra-putri kita dalam kegiatan belajar di sekolah. Semoga putra-putri kita diberikan kecerdasan dan pemahaman dalam menerima pembelajaran serta mampu bermanfaat bagi orang banyak, sehingga semoga salah satu dari mereka mampu menjadi penyebab masuknya kita ke syurga-Nya...aamiin...

Pagi ini saya mendapati guru yang ditugaskan menginput data nilai hasil mata pelajaran yang baru saja di US (Ujian Sekolah) kan. Beliau diminta untuk menginput nilai dan rentang nilai tertentu dari seluruh peserta US (Ujian Sekolah).

Untuk sedikit meringankan kegiatan beliau, dengan menggunakan dokumen excel pak Ops melakukan input nilai bersama dan menghitung rentang nilai yang sudah ditentukan. Namun pada saat menentukan rentang nilai kami mengalami sedikit kendala. Kemudian kami mencari di kamus serba tahu, kamus mbah google. Kami mempelajari di artikel takyudin.blogspot.comhttp://takyudin.blogspot.com/2015/03/rumus-excel-mencari-jumlah-siswa-pada.html?m=1. Berikut yang dapat kami aplikasikan ke dalam data yang telah kami intput sebelumnya.




Untuk menghitung jumlah nilai dalam range tertentu berikut rumus yang kami dapati dan sudah kami ubah dan kami sesuaikan dengan format penilaian kami:
1. Rentang Nilai Praktek (60-70)
=COUNTIF(D8:D45;">=60")-COUNTIF(D8:D45;">70")
2. Rentang Nilai UAS (70-80)
=COUNTIF(E8:E45;">70")-COUNTIF(E8:E45;">80")
3. Rentang Nilai Rapot (80-90)
=COUNTIF(F8:F45;">80")-COUNTIF(F8:F45;">90")
4. Rentang Nilai US (90-100)
=COUNTIF(H8:H45;">90")-COUNTIF(H8:H45;">100")

Keterangan rumus:
COUNTIF: berfungsi untuk mencari jumlah cell dengan kriteria tertentu;
D8:D45 ;range nilai praktek secara keseluruhan.
">=60" ; berfungsi untuk mencari jumlah siswa yang mempunyai rentang nilai antara 60, kemudian
">70" ; berfungsi sebagai batas nilai sampai 70.
 dan begitu seterusnya.

demikian tulisan mencari rentang nilai ini.  Semoga dapat menjadi sekelumit referensi yang disimpan di flashdisk teman-teman bila dibutuhkan nantinya. 
  
Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada tulisan mencari rentang nilai di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.

Saran kritik atas tulisan
mencari rentang nilai diatas silahkan tuliskan di komentar.

terimakasih..    
wassalamu'alaikum wrwb..
#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya

0 Komentar untuk "Menentukan Rentang Nilai di Excel"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel