Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3


Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3
Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari.

Gaeeeesss….. masih semangat belajar dirumah?????
terus semangat dan semangat terus…

Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 1 PB3 (PKn,B.Indo, IPS) halaman 19 – 26 dan di buku LKS halaman 10 – 12.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis. Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu  Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik. Amatilah peta Indonesia berikut.


Secara astronomis, wilayah Indonesia berada diantara 60 LU (lintang utara) sampai 110 LS (lintang selatan) dan 950 BT (bujur timur) sampai 1410 BT. Peta merupakan permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar. Peta digambar menggunakan skala tertentu. Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.

Letak  kota  atau  tempat  pada  peta  dinyatakan  dengan  garis  bujur  dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°).  Garis  bujur  terbagi dua, yaitu  bujur  barat (BB) dan bujur  timur  (BT). Garis lintang  juga  terbagi dua, yaitu  lintang  utara (LU) dan lintang  selatan  (LS). 

Kamu bisa temukan letak  Semarang pada peta diatas. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110°  BT dan  7°LS.

Perhatikan  gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 60 LU - 110 LS  dan 950 BT - 1410 BT, yaitu dari  Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut.

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.
Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.



Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 1 PB3 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.

Tentunya setelah mempelajari Tema 9 Subtema 1 PB3 kamu bisa dunkkk menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan menuliskan rangkuman sebagai pengingat pembelajaran yang telah kamu lakukan.

Selengkapnya yukszzz mariiii lengkapi formulir Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3 berikut ini





Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.

Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3
diatas silahkan tuliskan di komentar.

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya


0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB3"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel