Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6


Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

selamat datang di imammuhri38.blogspot.com

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari.

 

Gaeeeesss….. masih semangat belajar dirumah?????

terus semangat dan semangat terus…

 Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 1 PB6 (PKn, B.Indo, SBDP) halaman 44 – 53 dan di buku LKS halaman 20 – 23.

 

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya.

 

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa bisa menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu.

 

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambing identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar Negara Pancasila.

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

 

Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama.

Kalian pasti bisa memberikan pendapat tentang gambar diatas kaaannnn,….

 

Iklan sering muncul di media cetak maupun media elektronik. Berbagai benda atau barang ditawarkan melalui iklan. Berbagai alat musik pun sering kali ditawarkan melalui iklan. Alat musik apa saja yang kamu ketahui? Dapatkah kamu memainkan alat musik? Mari mengenal alat musik melodis.

 

Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan melodi. Jadi, alat musik tersebut dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu sesuai dengan tangga nadanya.  Ada beberapa contoh alat musik melodis, misalnya seruling (recorder) atau pianika. Berikut cara memainkan kedua alat musik tersebut.


1.  Cara Bermain Seruling (Recorder).

 Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan  berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan nada-nada tertentu.

2. Cara Bermain Pianika.

Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts  pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika.

Mari berlatih notasi berikut menggunakan recorder atau pianika!

Mari berlatih lagu berikut menggunakan recorder atau pianika!


 

Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 1 PB6 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.

 

Tentunya setelah mempelajari Tema 9 Subtema 1 PB6 kamu bisa dunkkk menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan menuliskan rangkuman sebagai pengingat pembelajaran yang telah kamu lakukan.

 

Selengkapnya yukszzz mariiii lengkapi formulir Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6 berikut ini


Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.


Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6
diatas silahkan tuliskan di komentar.

 

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

 

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

 

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya



0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB6"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel