Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 2 PB5
Kegiatan Belajar
dirumah Tema 9 Subtema 2 PB5
Assalamu'alaikum
warohmatullahi wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ
وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ
وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema
9 Subtema 2 PB5
Alhamdulillah
di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan
kegiatan serta aktivitas sehari-hari.
Gaeeeesss….. masih semangat belajar dirumah?????
terus semangat dan semangat terus…
Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 2 PB5 (B.Indo, IPA, SBDP) halaman 102 – 110 dan di buku LKS halaman 45 – 49.
Untuk
mengisi acara perpisahan dengan kakak kelas enam Siti, Lani, Dayu, Udin, Edo,
dan Beni akan menampilkan karya tari. Mereka semangat dan giat berlatih. Pada
hari Minggu, mereka berlatih tari Saman di rumah Siti. Mereka berlatih dengan
panduan kaset CD Player. Ayah Siti yang kebetulan pandai menari mendampingi Siti
dan teman-temannya berlatih menari. Mereka berlatih dengan semangat dan
gembira.
Ibu
Siti senang melihat semangat Siti dan teman-temannya dalam berlatih gerak tari.
Ibu Siti menyiapkan minuman dan hidangan untuk
Siti dan teman-temannya. Siti dan teman-temannya istirahat berlatih
menari sambil menonton televisi. Kebetulan mereka melihat iklan sebuah produk
vitamin yang berlatar belakang tari Saman. Berikut ini adalah iklan televisi
yang dilihat Siti dan temannya.
Iklan
yang dilihat Siti dan teman-temannya adalah iklan vitamin untuk kesegaran
tubuh. Iklan tersebut memberikan informasi penting tentang vitamin, yaitu untuk
kesegaran tubuh supaya lincah dalam bergerak dan beraktivitas. Vitamin juga
menjaga metabolisme tubuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan pada gambar
mengajak kepada khalayak untuk minum vitamin itu.
Iklan pasta gigi, sampo, dan sirop tentu sering kamu lihat, baik melalui televise maupun internet. Benda-benda di sekitarmu seperti ketiga barang tersebut merupakan benda ekonomi. Mengapa pasta gigi, sampo, dan sirop termasuk benda ekonomi? coba kamu ingat, bukankah kamu membutuhkan ketiga benda tersebut dalam kehidupan? Itulah alasan pasta gigi, sampo, dan sirop merupakan contoh benda ekonomi.
Enam
gelas sirop dingin dan satu gelas kopi panas beserta makanan kecil telah
selesai ibu siapkan. Ibu memanggil Siti untuk membantu membawa ke teman-teman
Siti dan ayah. Siti segera membantu ibu menghidangkan minuman dan makanan kecil
untuk ayah dan teman-temannya. Ayah, Siti, dan teman-temannya menikmati
hidangan yang disajikan Siti dan ibunya. Tidak lupa teman-teman Siti
mengucapkan terima kasih kepada Siti dan ibunya.
Masih
ingatkah kamu air sirop dan air kopi termasuk materi campuran? Tentu kamu masih
ingat bukan? Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan
air kopi? Ayo amati kembali.
Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
1.
campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
2.
campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
3.
Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
4.
Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.
Kamu
telah memahami komponen penyusun campuran. Pada dasarnya, komponen penyusun
campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan
senyawa dengan senyawa. Pernahkah kamu membuat minuman susu? Ketika membuat
minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk
secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak
terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi,
campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat
atau lebih.
Sekarang,
coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis
campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan
tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut. Diskusikan bersama
teman satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel
seperti contoh berikut.
Siti
dan teman-temannya telah beristirahat cukup. Mereka pun mulai berlatih kembali.
Ayah Siti meminta Siti dan teman-temannya berlatih dengan sungguhsungguh. Siti
dan teman-temannya harus melakukan gerakan secara benar dan kompak. Mereka juga
memperagakan gerak dengan pola lantai supaya tarian mereka terlihat lebih
indah. Berikut gerak-gerak yang mereka lakukan. Coba tebak, pola lantai apa yang merreka gunakan?
Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 2 PB5 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.
Apa
yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan
yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, bapak
atau ibu guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Tuliskan hasil
renunganmu pada formulir berikut.
Tentunya setelah mempelajari Tema 9 Subtema 2 PB5 kamu
bisa dunkkk menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan menuliskan rangkuman
sebagai pengingat pembelajaran yang telah kamu lakukan.
Selengkapnya yukszzz mariiii lengkapi formulir Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema
2 PB5 berikut ini
Pastinya terdapat banyak kesalahan
dan kekurangan pada Kegiatan
Belajar dirumah Tema 9 Subtema 2 PB5 di atas oleh karenanya diharapkan
saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.
Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan
Belajar dirumah Tema 9 Subtema 2 PB5 diatas
silahkan tuliskan di komentar.
Selamat berjumpa di artikel
selanjutnya.
Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….
wassalamu'alaikum
warohmatullahi
wabarokaatuh.
0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 2 PB5"
Post a Comment