Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 3 PB4 Kelas 6 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 3 PB4 Kelas 6

 


Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 3 PB4

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

selamat datang di imammuhri38.blogspot.com

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 3 PB4

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.

 

Masih dengan pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…

 Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 3 PB4 (PKn, Bahasa Indonesia) halaman 122 – 129.

Pentingnya Persatuan dan Kesatuan demi Kesejahteraan Rakyat

Sebuah peribahasa yang mengingatkan kita tentang Pentingnya Persatuan dan Kesatuan demi Kesejahteraan Rakyat Indonesia yaitu “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Untuk sampai pada tingkatan itu maka kita perlu memiliki sikap peduli, rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari baik dirumah, sekolah, masyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Alat utama bangsa Indonesia dalam melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan tak lain adalah persatuan dan kesatuan.  Berikut beberapa contoh penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan demi tercapainya kesejahteraan rakyat antaralain:

1.    Mencintai dan menggunakan produk Indonesia

Dengan menggunakan produk Indonesia berarti kita memberikan kesempatan pada pengusaha Indonesia untuk maju, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

2.    Rajin belajar untuk membangun bangsa

Dengan giat belajar kita ikut berperan serta membantu pembangunan dengan peran kita sebagai pelajar. Kita dapat menambah wawasan dengan bertukar pengetahuan suku, budaya, dan lain sebagainya untuk pembangunan bangsa.

3.    Mempererat kerjasama

Kerjasama dalam segala bidang kehidupan misalnya sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan politik. Contohnya dalam bidang ekonomi dua daerah yang memiliki sumberdaya alam berbeda dapat saling melengkapi satu sama lain.


Kamu akan melanjutkan menulis buku mini tentang contoh dan manfaat persatuan dan kesatuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang sesuai dengan tema agar bukumu lebih menarik.

Perhatikan kembali beberapa hal penting yang perlu kami tuliskan dalam bukumu, yaitu:

   Memastikan judul sesuai dengan tema.

   Menuliskan dan menggambar 4 contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.

   Menuliskan dan menggambar 4 contoh manfaat dari persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat.

   Seluruh gambar harus sesuai dengan tema.


Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?

 

Penduduk Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.

Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat.

Sebaliknya, jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat. Pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas kita bersama. Bangsa Indonesia harus selalu bersatu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antarsuku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia.

Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.

Ayo, kita tegakkan persatuan dan kesatuan demi tercapai masyarakat NKRI yang sejahtera!

Peta pikiran



Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK.

 

Ciri-ciri kalimat efektif

1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),

2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,

3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,

4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

 

Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 3 PB4 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.

Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 3 PB4 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.


Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 3 PB4
diatas silahkan tuliskan di komentar.

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya


0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 3 PB4 Kelas 6"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel