Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB3 Kelas 6 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB3 Kelas 6

 


Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB3

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

selamat datang di imammuhri38.blogspot.com

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB3

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.

 

Masih dengan pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…

 Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 3 Subtema 1 PB3 (Bahasa Indonesia, IPA) halaman 22 – 31.

Teks Eksplanasi Ilmiah

Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya. 

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab-akibat. Informasi dari teks eksplanasi dapat ditemukan dengan cara menjawab pertanyaan: apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana.

Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.

Topik permasalahan dapat ditemukan pada kalimat utama setiap paragraf. Selain itu, kita juga dapat membbuat simpulan dari sebuah teks eksplanasi. Kita dapat menuliskan simpulan dari sebuah teks eksplanasi dengan membaca keseluruhan isi teks.

Perhatikan teks berikut!

James Watt, Sang Penemu Mesin Uap

James Watt (19 January 1736 - 25 Agustus 1819) adalah penemu yang mengembangkan mesin uap yang menjadi dasar dari Revolusi Industri. Ia lahir pada tanggal 19 Januari, 1736 di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde, Skotlandia. Ayahnya adalah pemilik kapal dan kontraktor, sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan.

Ketika dia berumur 18 tahun, Watt melakukan perjalanan ke London untuk melanjutkan study tentang pembuatan instrument dan peralatan selama satu tahun, kemudian kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan instrumennya.

Empat tahun setelah membuka bisnis pembuatan instrumennya, James Watt mulai melakukan percobaan dengan uap setelah temannya, Professor John Robison, membuat dia tertarik pada mesin tersebut. Pada saat itu, Watt sama sekali tidak pernah mengoperasikan mesin uap, tetapi dia tetap berusaha untuk membuat satu model mesin. Walaupun gagal, dia tetap melanjutkan percobaannya dan mulai membaca apa saja yang bisa dibacanya. Dia kemudian secara terpisah menemukan pentingnya energi panas yang ditimbulkan dan diserap oleh tiap-tiap obyek untuk mengerti lebih jauh tentang mesin. pada tahun 1765 dia berhasil membuat sebuah model mesin yang dapat bekerja dengan baik.

Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya atas pengembangan mesin uap yang memicu revolusi industri, nama Watt diabadikan dan dijadikan sebagai satuan energi dengan symbol W oleh International System of Units (atau 'SI') seperti yang kita kenal sekarang.


Peralatan elektronik yang ada dirumah kita dapat menyala karena ada arus listrik dan rangkaian listrik. Contoh peralatan elektronik yaitu; lampu, senter, televisi dan lain sebagainya. Rangkain listrik terdiri dari komponen-komponen yaitu; sumber listrik, konduktor listrik, dan alat listrik. Selain itu, kita juga memerlukan sakelar, yaitu alat yang dapat memutus dan menyambung arus listrik dalam rangkaian listrik.

Rangkaian listrik dibedakan menjadi rangkaian tertuba dan rangkaian tertutup. Pada rangkaian terbuka, salah satu komponen rangkaian tidak terhubung. Pada rangkaian tertutup, semua komponen terhubung.

Rangkaian tertutup dibedakan menjadi rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian yang disusun secara sejajar disebut rangkaian seri, sedangkan rangkaian yang disusun secara bercabang disebut rangkaian paralel.



Pada rangkaian seri, jika salah satu lampu padam, lampu yang lainnya akan ikut padam karena arur listrik terputus. lihat gambar rangkaian seri berikut, pada rangkaian tersebut, kedua lampu disusun secara seri. Jika lampu1 padam, lampu2 juga akan ikut padam. Rangkaian seri dapat digunakan pada senter, lampu hias, dan lainnya.



Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 3 Subtema 1 PB3 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.

Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB3 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.


Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB3
diatas silahkan tuliskan di komentar.

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya


0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB3 Kelas 6"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel