Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 Kelas 6 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 Kelas 6



Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

selamat datang di imammuhri38.blogspot.com

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.

 

Masih dengan pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…

 Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 3 Subtema 1 PB6 (PKn, Bahasa Indonesia) halaman 51 – 60.

Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya. 

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab-akibat. Informasi dari teks eksplanasi dapat ditemukan dengan cara menjawab pertanyaan: apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana.

Struktur teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).



Roda, Pengubah Wajah Dunia

Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.


Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.

Berikut ini urutan peristiwa  penemuan roda!



Berikut informasi penting dalam teks diatas:

setiap paragraf

•Paragraf 1: Topik Masalah

Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang mempermudah semua pekerjaan.

•Paragraf 2: Deret Penjelas

ü  Awalnya roda dibuat menggunakan mesin pemintal kain.

ü  Peninggalan roda tertua berasal dari Mesopotamia.

ü  Perkembangan roda dimulai dari balok kayu yang digulingkan, kemudian berkembang menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, roda kayu berjari-jari, hingga menjadi roda sempurna berbahan besi yang kuat.

•Paragraf 3: Deret Penjelas

ü  Tahun 1839, Charles Goodyear berhasil membuat ban karet yang tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan.

ü  Tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara, yang berkembang hingga saat ini dengan berbagai ukuran, jenis, dan bahan sesuai dengan fungsinya.

•Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Penemuan roda membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan cepat seperti distribusi barang-barang perdagangan ke berbagai tempat yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dunia.



1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!

Alternatif jawaban: Kebebasan berkarya dan mengembangkan karyanya.

2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!

Alternatif jawaban: Ya, karena kebebasan berkarya membuat mereka akhirnya menemukan sesuatu penemuan yang bermanfaat.

3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?

Alternatif jawaban: Mereka lebih bersemangat dalam mengembangkan penemuannya dan mereka merasa bermanfaat bagi orang banyak.

4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

Alternatif jawaban: Ya, karena mereka menggunakan hak mereka untuk memberikan manfaat bagi orang banyak. Contohnya penemuan roda oleh Thomson dan Dunlop yang mempermudah pekerjaan manusia seperti distribusi barang.

 

Hak dan Tanggung Jawab

Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

 

Kemudian teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di bawahnya.

 

1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!

Alternatif jawaban: Hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan makanan yang sehat, dan mendapat perhatian dari orang tua.

 

2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!

Alternatif jawaban: Ya, karena orang tuanya telah memberikan perhatian yang cukup untuk Ani. Contohnya hak bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah untuk mendukung sekolahnya, dan bekal makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya.

3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?

Alternatif jawaban: Ia akan menjadi orang yang berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

Alternatif jawaban: Ya, karena perhatian orang tuanya tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!

Alternatif jawaban: Orang tuanya akan kecewa, Ani akan terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya.





 

Berikut ini contoh penggunaan hak yang bertanggung jawab:

No

Penggunaan hak yang bertanggung jawab di rumah

Manfaatnya

1.

Bermain dengan nyaman, lalu merapikan mainan selesai digunakan.

Agar mainan tidak berantakan dan tidak cepat rusak.

2.

Menonton televisi dengan jarak yang benar dan tidak terlalu malam.

Agar mata tidak rusak dan tidak bangun kesiangan.

3.

Makan makanan sehat dan bergizi, mencuci piring/ gelas yang telah digunakan

Agar peralatan makan tidak berantakan dan tidak menimbulkan bau

 

No

Penggunaan hak yang bertanggung jawab di sekolah

Manfaatnya

1.

Mendapat pengajaran dengan mendengarkan penjelasan guru.

Agar dapat memahami ilmu yang diajarkan

2.

Membaca buku diperpustakaan dengan tenang.

Agar dapat membaca dengan fokus.

3.

Bermain saat jam istirahat tanpa menimbulkan kegaduhan.

Agar situasi sekolah tetap kondusif.

 

No

Penggunaan hak yang bertanggung jawab di masyarakat

Manfaatnya

1.

Bermain dengan tanpa merusak tanaman.

Agar tanaman tidak rusak dan mati.

2.

Diperbolehkan ikut kerja bakti sesuai kemampuan.

Agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik

3.

Bermain sepeda dengan hati-hati

Agar selamat dan tidak terjadi kecelakaan.

 

Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 3 Subtema 1 PB6 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.

Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.


Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6
diatas silahkan tuliskan di komentar.

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya

0 Komentar untuk " Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 Kelas 6"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel