Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 Kelas 6
Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6
Assalamu'alaikum warohmatullahi
wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ
الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ
وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ
وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ
اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema
1 PB6
Alhamdulillah di hari ini kita
masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas
sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.
Masih dengan
pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…
Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 3 Subtema 1 PB6 (PKn, Bahasa Indonesia) halaman 51 – 60.
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks
eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam,
seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan
sebagainya.
Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan
penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun
menurut prinsip sebab-akibat. Informasi dari teks eksplanasi dapat ditemukan
dengan cara menjawab pertanyaan: apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana.
Struktur teks eksplanasi terdiri atas:
pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).
Roda, Pengubah Wajah Dunia
Perhatikan semua benda di sekeliling kita,
adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi,
dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan
terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.
Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan
mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang
digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di
Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari
bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi
potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya,
hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi
sehingga roda menjadi semakin kuat.
Seiring dengan perkembangan zaman, roda
terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil
menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat
terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian
menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda
mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau
gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.
Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar
tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh
roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena
pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa
roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.
Berikut ini urutan peristiwa penemuan roda!
Berikut informasi penting dalam teks diatas:
setiap paragraf
•Paragraf 1: Topik Masalah
Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia
yang mempermudah semua pekerjaan.
•Paragraf 2: Deret Penjelas
ü
Awalnya roda
dibuat menggunakan mesin pemintal kain.
ü
Peninggalan roda
tertua berasal dari Mesopotamia.
ü
Perkembangan roda
dimulai dari balok kayu yang digulingkan, kemudian berkembang menjadi potongan
melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, roda kayu
berjari-jari, hingga menjadi roda sempurna berbahan besi yang kuat.
•Paragraf 3: Deret Penjelas
ü
Tahun 1839,
Charles Goodyear berhasil membuat ban karet yang tahan goncangan dan lebih kuat
terhadap gesekan permukaan jalan.
ü
Tahun 1845
Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara, yang berkembang hingga
saat ini dengan berbagai ukuran, jenis, dan bahan sesuai dengan fungsinya.
•Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi
penulis
Penemuan roda membuat kehidupan manusia menjadi lebih
mudah dan cepat seperti distribusi barang-barang perdagangan ke berbagai tempat
yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dunia.
1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para
penemu tersebut!
Alternatif jawaban: Kebebasan berkarya dan
mengembangkan karyanya.
2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
Alternatif jawaban: Ya, karena kebebasan berkarya
membuat mereka akhirnya menemukan sesuatu penemuan yang bermanfaat.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
Alternatif jawaban: Mereka lebih bersemangat dalam
mengembangkan penemuannya dan mereka merasa bermanfaat bagi orang banyak.
4. Apakah mereka telah bertanggung jawab
terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Alternatif jawaban: Ya, karena mereka menggunakan hak
mereka untuk memberikan manfaat bagi orang banyak. Contohnya penemuan roda oleh
Thomson dan Dunlop yang mempermudah pekerjaan manusia seperti distribusi
barang.
Hak dan Tanggung Jawab
Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob
menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob
memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta
peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani
di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu
mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan
mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik
kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan
Ani.
Kemudian teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang
terdapat di bawahnya.
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Alternatif jawaban: Hak mendapatkan pendidikan,
mendapatkan makanan yang sehat, dan mendapat perhatian dari orang tua.
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan
berikan contoh!
Alternatif jawaban: Ya, karena orang tuanya telah
memberikan perhatian yang cukup untuk Ani. Contohnya hak bersekolah untuk
mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah untuk mendukung sekolahnya, dan
bekal makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Alternatif jawaban: Ia akan menjadi orang yang
berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab
terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Alternatif jawaban: Ya, karena perhatian orang tuanya
tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi
nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak
bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Alternatif jawaban: Orang tuanya akan kecewa, Ani akan
terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya.
Berikut ini contoh penggunaan hak yang
bertanggung jawab:
No |
Penggunaan
hak yang bertanggung jawab di rumah |
Manfaatnya |
1. |
Bermain
dengan nyaman, lalu merapikan mainan selesai digunakan. |
Agar
mainan tidak berantakan dan tidak cepat rusak. |
2. |
Menonton
televisi dengan jarak yang benar dan tidak terlalu malam. |
Agar
mata tidak rusak dan tidak bangun kesiangan. |
3. |
Makan
makanan sehat dan bergizi, mencuci piring/ gelas yang telah digunakan |
Agar
peralatan makan tidak berantakan dan tidak menimbulkan bau |
No |
Penggunaan
hak yang bertanggung jawab di sekolah |
Manfaatnya |
1. |
Mendapat pengajaran dengan
mendengarkan penjelasan guru. |
Agar
dapat memahami ilmu yang diajarkan |
2. |
Membaca
buku diperpustakaan dengan tenang. |
Agar
dapat membaca dengan fokus. |
3. |
Bermain
saat jam istirahat tanpa menimbulkan kegaduhan. |
Agar
situasi sekolah tetap kondusif. |
No |
Penggunaan
hak yang bertanggung jawab di masyarakat |
Manfaatnya |
1. |
Bermain
dengan tanpa merusak tanaman. |
Agar
tanaman tidak rusak dan mati. |
2. |
Diperbolehkan
ikut kerja bakti sesuai kemampuan. |
Agar
pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik |
3. |
Bermain
sepeda dengan hati-hati |
Agar
selamat dan tidak terjadi kecelakaan. |
Demikian sekelumit
materi dari buku siswa kelas 6 Tema 3 Subtema 1 PB6 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.
Pastinya
terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan
Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 di
atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.
Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan
Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 diatas
silahkan tuliskan di komentar.
Selamat
berjumpa di artikel selanjutnya.
Pergi kondangan makan bakso aci,
cukup sekian dan terima kuaci….
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
0 Komentar untuk " Kegiatan Belajar dirumah Tema 3 Subtema 1 PB6 Kelas 6"
Post a Comment