Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2




Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2
Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 5 SDN Karang Tengah 7.

Masih dengan pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…

Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 1 PB2 (B.Indo, IPA, SBDP) halaman 8 – 18 dan di buku LKS halaman 6 – 10.


Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.
Iklan memiliki unsur-unsur berikut.
1. Nama produk.
2. Gambar yang menarik.
3. Kalimat iklan.
4. Keunggulan produk.
5. Harga produk.
6. Nomor telepon.
7.  Alamat pengiklan.

Air dan Manfaatnya

Air merupakan contoh zat tunggal. Kamu biasa meminum air putih. Air putih tidak bernoda sedikitpun serta tidak ada warnanya. Begitu jernihnya sehingga kamu bisa berkaca dan melihat wajahmu sendiri di air.

Air yang murni dari air yang terdiri atas satu jenis materi saja sebagai penyusunnya. Air sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Air tidak hanya untuk minum. Namun, berbagai aktivitas manusia banyak yang memerlukan air. Air untuk membersihkan badan dari kotoran. Air untuk mencuci baju yang kotor. Air untuk memasak. Air untuk menyiram tanah supaya subur tanamannya. Dan masih banyak lagi kegunaan air.


Lagu air bisa dilihat disini

Mengenal Tangga Nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 1 2 3 4 5 6 7 1. Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada.
Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.
a. Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya
berjarak 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½
Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.


 b. Tangga nada diatonis minor
Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.
1. Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.
2. Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah  laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.

3. Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah  laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.


Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih. Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan. Lagu yang berjudul “Air” adalah contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Adapun lagu yang menggunakan tangga nada minor, contohnya lagu “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki.

Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 5 Tema 9 Subtema 1 PB2 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.


Tentunya setelah mempelajari Tema 9 Subtema 1 PB2 kita bias menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan menuliskan rangkuman sebagai pengingat pembelajaran yang telah kita lakukan.

Selengkapnya....yukszzz mariiii lengkapi formulir Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2 berikut ini

Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.

Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2
diatas silahkan tuliskan di komentar.

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya


0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 9 Subtema 1 PB2"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel