Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 Kelaas 6 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 Kelaas 6


Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

selamat datang di imammuhri38.blogspot.com

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.

 

Masih dengan pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…

Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB4 (bahasa Indonesia, PKn) halaman 26 – 31.

 

Persatuan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Segala perbedaan yang ada dikesampingkan untuk kepentingan bersama. Terkadang perbedaan yang dimiliki oleh suatu kelompok dapat memperkaya keputusan yang diambil.

 

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa peristiwa penting yang perlu kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.

 

Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Beberapa wilayah Jepang dijatuhi bom oleh tentara musuh. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan.

Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.

 

Berdasarkan bacaan tersebut, berikut peta pikiran informasi penting pada  teks diatas dengan aspek kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana!


nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari antaralain:

1.    Melakukan piket kelas bersama-sama

2.    Bermain tanpa membeda-bedakan teman

3.    Mengumpulkan sumbangan untuk teman yang kena musibah

4.    Menjenguk teman yang sakit

5.    Membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran

Manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari antaralain:

1.    Suasana belajar di kelas menjadi nyaman

2.    Dapat mempererat persahabatan

3.    Menambah kekompakan sesama teman

4.    Membangun rasa empati terhadap teman

5.    Dapat saling bantu memahami pelajaran yang belum dimengerti



Bekerja sama dapat mempermudah pekerjaan. Tujuan mulia bisa tercapai karena persatuan.

 

Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB4 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.


Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.


Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4
diatas silahkan tuliskan di komentar.

 

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

 

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

 

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya

0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 Kelaas 6"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel