Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 Kelaas 6
Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4
Assalamu'alaikum warohmatullahi
wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ
الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ
العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ
وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ
اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema
1 PB4
Alhamdulillah di hari ini kita
masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas
sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.
Masih dengan
pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…
Berikut ini sekelumit materi dari buku
siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB4 (bahasa Indonesia, PKn) halaman 26 – 31.
Persatuan
sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Segala perbedaan yang ada
dikesampingkan untuk kepentingan bersama. Terkadang perbedaan yang dimiliki
oleh suatu kelompok dapat memperkaya keputusan yang diambil.
Menjelang
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa peristiwa penting yang
perlu kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.
Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman
Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi,
Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan
informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan
kepada bangsa Indonesia.
Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Beberapa
wilayah Jepang dijatuhi bom oleh tentara musuh. Untuk menarik simpati rakyat
Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan.
Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu
pertentangan di dalam negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan
tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur
oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh
bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.
Berdasarkan bacaan tersebut, berikut peta pikiran informasi penting pada teks diatas dengan aspek kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana!
nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari antaralain:
1. Melakukan piket kelas bersama-sama
2. Bermain tanpa membeda-bedakan teman
3. Mengumpulkan sumbangan untuk teman yang kena musibah
4. Menjenguk teman yang sakit
5. Membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran
Manfaat
yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan
kesatuan dalam kehidupan sehari-hari antaralain:
1. Suasana belajar di kelas menjadi nyaman
2. Dapat mempererat persahabatan
3. Menambah kekompakan sesama teman
4. Membangun rasa empati terhadap teman
5. Dapat saling bantu memahami pelajaran yang belum dimengerti
Bekerja
sama dapat mempermudah pekerjaan. Tujuan mulia bisa tercapai karena persatuan.
Demikian
sekelumit
materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB4 sekedar
mengingatkan pembelajaran hari ini.
Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.
Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan
Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 diatas
silahkan tuliskan di komentar.
Selamat
berjumpa di artikel selanjutnya.
Pergi kondangan makan bakso aci,
cukup sekian dan terima kuaci….
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 1 PB4 Kelaas 6"
Post a Comment