Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB2 Kelas 6
Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB2
Assalamu'alaikum warohmatullahi
wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ
الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ
العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ
وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ
اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema
2 PB2
Alhamdulillah di hari ini kita
masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas
sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.
Masih dengan
pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…
Berikut ini sekelumit materi dari buku
siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB2 (PKn, SBDP) halaman 52 –62.
Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang
membentang dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar
belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan
kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia. ‘Bersatu
Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan
untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.
Amati
gambar dan baca teks berikut dalam hati!
Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu,
dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet,
ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan
sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.
Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani
memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang
lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.
Baru beberapa hari yang lalu, teman baru
mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa
Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak
yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali
mengenal permainan baru ini.
“Seru dan menantang!” kata mereka.
Anak-anak di SD Nusantara justru gembira
menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak
mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali
waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,
“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain
dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!”
ejeknya.
“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna
kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak
Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh
waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri
denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga
tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.
Begitulah gambaran keseharian di SD
Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka
berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa
daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku
Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yangmenyenangkan.
Perhatikan buku tema 2 halaman 53-54
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di
atas?
Jawab: Perbedaan permainan yang digemari,
kebiasaan, bahasa, adat, agama, warna kulit, serta daerah asal.
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi
perbedaan tersebut?
Jawab: Edo dan kawan-kawan tidak peduli
dengan perbedaan yang ada. Mereka lebih memilih saling memahami.
Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan
kerja sama? Jelaskan!
Jawab: Tidak, mereka tetap bisa bisa
bekerja sama, rukun dan bersatu walaupun dalam perbedaan.
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja
sama dengan orang-orang yang berbeda?
Jawab: Pada dasarnya, bekerja sama dapat
mempermudah kita dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu, kita bisa menambah
teman serta mengenal hal-hal baru.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang
berbeda? Berikan contoh!
Jawab: Pernah.
Saya pernah ditanyai teman yang beragama Kristen tentang materi yang belum ia
mengerti. Dengan senang hati sayapun membantunya.
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Jawab: Perbedaan itu bukan penghambat yang
perlu dihindari. Justru dengan perbedaan membuat kita mengenal hal-hal baru dan
pastinya memperbanyak teman.
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam
kehidupan sehari-hari!
Jawab: Dengan bekerja sama dan persatuan,
apapun pekerjaan akan terasa lebih mudah. Selain itu, keutuhan NKRI tetap
terjaga.
Pola Lantai Tari
Pola
Lantai Tari merupakan garis-garis di lantai yang dilalui penari ketika
melakukan gerak tari dari perpindahan tempat satu ke tempat lainnya. Pola yang
juga disebut garis imajiner ini sengaja dibuat oleh formasi penari kelompok.
Garis
tersebut dapat digambarkan dengan melihat formasi para penari ketika sedang
memperagakan tarian. Pola lantai tari bisa
dilakukan oleh penari tunggal, berpasangan atau berkelompok, meskipun sebagian
besar pola tari dilakukan oleh berkelompok.
Fungsi
dari pola lantai yaitu untuk menata gerakan tarian, membentuk komposisi dalam
pertunjukan tarian dan menciptakan kekompakan antar anggota penari. Dengan
adanya pola lantai, tarian yang disajikan akan lebih indah dan menarik untuk
ditonton. Sebenarnya dalam pola lantai terdapat dua garis dasar yaitu garis
lurus dan melengkung.
Tujuan
dengan menguasai pola lantai yaitu penari akan lebih mudah melakukan
perpindahan gerak. Sehingga sang penari akan mengetahui area mana yang menjadi
area miliknya tanpa harus khawatir mengganggu atau bertabrakan dengan area
penari lainnya.
Sekarang kamu akan menerapkan pola lantai tersebut
dalam tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.
Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB2 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.
Pastinya
terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan
Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB2 di
atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.
Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan
Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB2 diatas
silahkan tuliskan di komentar.
Selamat
berjumpa di artikel selanjutnya.
Pergi kondangan makan bakso aci,
cukup sekian dan terima kuaci….
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB2 Kelas 6"
Post a Comment