Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB3 Kelas 6
Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB3
Assalamu'alaikum warohmatullahi
wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ
الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ
العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ
وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ
اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema
2 PB3
Alhamdulillah di hari ini kita
masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas
sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.
Masih dengan pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…
Berikut ini sekelumit materi dari buku
siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB3 (bahasa Indonesia, IPA) halaman 63 – 74.
Pertempuran Ambarawa
Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu
di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus
tawanan perang.
Kedatangan Sekutu ini diboncengi oleh
Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu
dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan
tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga
menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.
Pada tanggal 26 Oktober 1945 di kota
Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR)
dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti setelah
Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan perundingan dan memperoleh kata sepakat.
Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari
janji. Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa.
Kolonel Soedirman langsung memimpin
pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari
kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.
Setelah bertempur selama 4 hari, pada
tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut
Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.
Kemenangan ini diperoleh berkat kerja sama
dari seluruh rakyat di Ambarawa.
Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan
dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai hari
Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika. (Sumber: Wikipedia Indonesia, swaramuslim.com)
Berikut
merupakan peta pikiran dari teks diatas
Pertempuran Ambarawa merupakan salah satu pertempuran
yang sangat bersejarah dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tentunya
pertempuran tersebut memiliki makna sejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.
1.
Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan
kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!
Jawaban:
Bertempur dengan taktik gelar supit urang yaitu mengepung musuh dari dua sisi.
2.
Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?
Jawaban:
Pertempuran yang cerdas karena dilakukan dengan taktik khusus yang mampu
mengalahkan musuh sehingga wilayah Ambarawa berhasil dipertahankan.
3.
Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?
Jawaban:
Pengingkaran janji yang dilakukan NICA sangat merugikan rakyat Indonesia. NICA
memang tidak bisa diajak damai.
4.
Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?
Jawaban:
Taktik yang sangat cerdas dan terbukti mampu mengalahkan musuh.
5.
Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di
Ambarawa?
Jawaban:
Persatuan yang kuat, pantang menyerah, dan mau berdamai walaupun pernah
dikhianati.
6.
Bagaimana kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari?
Berikan contoh!
Jawaban:
Tidak memilih-milih teman, belajar dengan giat, dan memaafkan teman.
Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia
Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba
adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun
kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena.
Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena
adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara
naluri dan juga dapat ‘berhitung.’
Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat
kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai
strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan
wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain
yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung
jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk
mengusirnya.
“Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan
dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi
masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09). Dia juga
menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang
dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih
kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.
Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka
NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini,
NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal
tersebut.
1.
Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?
Jawaban:
Hyena akan memanggil teman mereka lalu mengusir hewan lain yang masuk ke
wilayahnya secara bergerombol.
2.
Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?
Jawaban:
Hyena mampu menghitung penyusup di wilayahnya dan memperkirakan jumlah rekan
yang dibutuhkan untuk menghadapinya.
3.
Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tersebut!
Jawaban:
Heyna cerdas dalam mengatasi masalah. Mereka mampu menghitung, memperkirakan,
dan memperbaiki kesalahan percobaan. Kerja sama mereka dalam menghadapi musuh
perlu ditiru.
Kamu sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan
diri, sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi.
Cirikhusus dan habitat hewan
1.) Kelelawar (Goa, di darat ); Ciri khusus: dapat
melakukan ekolokasi yaitu kemampuan untuk mendeteksi mangsa, pemangsa, dan
benda di sekitarnya menggunakan pantulan bunyi
2.) Bebek (lumpur, di air); Ciri khusus: memiliki kaki
berselaput untuk memudahkan berenang dan berjalan di lumpur, memiliki paruh
lebar dan pipih untuk mencari makanan yang ada di lumpur
3.) Cicak ( dinding, di darat ); Ciri khusus :
memiliki perekat di telapak kaki untuk memudahkan merayap di dinding, dapat
melakukan autotomi, yaitu memutuskan ekor untuk mengelabui pemangsa
4.) belalang sembah ( Pohon, di darat ); Ciri khusus
:dapat ber komuflase yaitu mengubah warna kulit sesuai kondisi lingkungan untuk
mengelabui musuh, memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsa
5.) Walang sangit ( tanaman, di darat ); Ciri khusus
:mengeluarkan bau menyengat untuk melindungi diri dari pemangsa
6.) Landak ( hutan, di darat ); Ciri khusus :memiliki
rambut seperti duri untuk menakuti dan melindungi diri dari pemangsa
7.) Kalangjengking ( daerah lembab ); Ciri khusus
:memiliki sengat beracun untuk menyerang musuh, memiliki capit di dekat mulut
untuk memangsa dan melindungi diri dari musush
8.) Burung hantu ( Pohon, di darat ); Ciri khusus
:memiliki penglihatan tajam untuk mencari mangsa pada malam hari
9.) Cumi cumi ( lautan, di air ); Ciri khusus
:memiliki cairan hitam seperti tinta untuk melarikan diri dari pemangsa
10.) Ikan buntal ( lautan, di air ); Ciri khusus
:memiliki kemampuan menggembungkan diri untuk pertahanan diri, memiliki duri
beracun untuk melindungi diri dari pemangsa
11.) Lumba-lumba dan ikan paus ( lautan, di air ); Ciri
khusus :muncul ke permukaan air pada waktu tertentu untuk bernafas
12.) Beruang kutub ( Kutub ); Ciri khusus :melakukan
hibernasi (tidur pada musim dingin) untuk menghemat energi
13.) Bunglon( pohon, didarat ); Ciri khusus : Mimikri (cara hewan menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya
sesuai dengan tempatnya berada)
14.) Trenggiling
(didarat ); Ciri khusus : Trenggiling melakukan
penyesuaian diri dengan menggulungkan tubuhnya membentuk spiral. Cara ini
dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh.
Demikian
sekelumit
materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB3 sekedar
mengingatkan pembelajaran hari ini.
Pastinya
terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan
Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB3 di
atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.
Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan
Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB3 diatas
silahkan tuliskan di komentar.
Selamat
berjumpa di artikel selanjutnya.
Pergi kondangan makan bakso aci,
cukup sekian dan terima kuaci….
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB3 Kelas 6"
Post a Comment