Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 Kelas 6 - mim'scre@te -->

Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 Kelas 6

 


Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

selamat datang di imammuhri38.blogspot.com

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1

Alhamdulillah di hari ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.

 

Masih dengan pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…

 Berikut ini sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB1 (IPS, IPA, Bahasa Indonesia) halaman 44 – 51.

 

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.

Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.

Bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah?



Pertempuran Surabaya

Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris.

Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.

Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yg berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.

Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyatPasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Berdasarkan teks di atas, perhatikan peta pikiran berikut ini!


 

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK.

 

Ciri-ciri kalimat efektif

1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),

2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,

3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,

4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

 

Contoh Kalimat Efektif

Bagi semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (tidak efektif)

Semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (efektif)

 

Dia yang pergi meninggalkan saya. (tidak efektif)

Dia pergi meninggalkan saya. (efektif)

 

Adik demam sehingga adik tidak dapat masuk sekolah. (tidak efektif)

Adik demam sehingga tidak dapat masuk sekolah. (efektif)

 

Para siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (tidak efektif)

Siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (efektif)

 

Ia masuk ke dalam ruang kelas. (tidak efektif)

Ia masuk ruang kelas. (efektif)

 

Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan pengolahannya. (tidak efektif)

Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan mengolahnya. (efektif)

 

Kamu sapulah lantai rumah agar bersih! (tidak efektif)

Sapulah lantai rumahmu agar bersih! (efektif)

 

Kepada Bapak Kepala Sekolah, waktu dan tempat kamu persilakan. (tidak efektif)

Bapak Kepala Sekolah dipersilakan menyampaikan pidatonya sekarang. (efektif)



Setelah belajar tentang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekan, sekarang kamu akan mempelajari tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak?

Amati gambar berikut!

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan segala keunikan dan keistimewaannya, tidak terkecuali hewan.

Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus. Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.

Perhatikan gambar berikut!


Ciri khusus dan habitat hewan

1.) Kelelawar (Goa, di darat ); Ciri khusus: dapat melakukan ekolokasi yaitu kemampuan untuk mendeteksi mangsa, pemangsa, dan benda di sekitarnya menggunakan pantulan bunyi

2.) Bebek (lumpur, di air); Ciri khusus: memiliki kaki berselaput untuk memudahkan berenang dan berjalan di lumpur, memiliki paruh lebar dan pipih untuk mencari makanan yang ada di lumpur

3.) Cicak ( dinding, di darat ); Ciri khusus : memiliki perekat di telapak kaki untuk memudahkan merayap di dinding, dapat melakukan autotomi, yaitu memutuskan ekor untuk mengelabui pemangsa

4.) Bunglon ( Pohon, di darat ); Ciri khusus :dapat ber komuflase yaitu mengubah warna kulit sesuai kondisi lingkungan untuk mengelabui musuh, memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsa

5.) Walang sangit ( tanaman, di darat ); Ciri khusus :mengeluarkan bau menyengat untuk melindungi diri dari pemangsa

6.) Landak ( hutan, di darat ); Ciri khusus :memiliki rambut seperti duri untuk menakuti dan melindungi diri dari pemangsa

7.) Kalangjengking ( daerah lembab ); Ciri khusus :memiliki sengat beracun untuk menyerang musuh, memiliki capit di dekat mulut untuk memangsa dan melindungi diri dari musush

8.) Burung hantu ( Pohon, di darat ); Ciri khusus :memiliki penglihatan tajam untuk mencari mangsa pada malam hari

9.) Cumi cumi ( lautan, di air ); Ciri khusus :memiliki cairan hitam seperti tinta untuk melarikan diri dari pemangsa

10.) Ikan buntal ( lautan, di air ); Ciri khusus :memiliki kemampuan menggembungkan diri untuk pertahanan diri, memiliki duri beracun untuk melindungi diri dari pemangsa

11.) Lumba-lumba dan ikan paus ( lautan, di air ); Ciri khusus :muncul ke permukaan air pada waktu tertentu untuk bernafas

12.) Beruang kutub ( Kutub ); Ciri khusus :melakukan hibernasi pada musim dingin untuk menghemat energi

 

Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB1 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.

Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.


Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1
diatas silahkan tuliskan di komentar.

 

Selamat berjumpa di artikel selanjutnya.

 

Pergi kondangan makan bakso aci, cukup sekian dan terima kuaci….

 

wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya


0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 Kelas 6"

Post a Comment

imammuhri38.blogspot.com. Powered by Blogger.

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel