Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 Kelas 6
Kegiatan
Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1
Assalamu'alaikum warohmatullahi
wabarokaatuh.
selamat datang di imammuhri38.blogspot.com
بِسْمِ اللهِ
الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ
العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ
وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ
اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ
Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema
2 PB1
Alhamdulillah di hari ini kita
masih diberikan nikmat sehat untuk melanjutkan kegiatan serta aktivitas
sehari-hari. Ayah bunda khususnya wali murid kelas 6 SDN Karang Tengah 7.
Masih dengan
pembelajaran dirumah terus semangat dan semangat terus…
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
Indonesia
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan
kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan
Belanda.
Pasukan Belanda kembali datang ke tanah
air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa
Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam
pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang
dibantu oleh pasukan Inggris.
Bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam
mempertahankan kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah?
Pertempuran Surabaya
Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara
Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober
1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan
Inggris.
Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris
dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah
terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.
Pada tanggal 9 November 1945, Inggris
mengeluarkan ultimatum yg berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang
bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan
dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.
Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh
pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat
dahsyatPasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. Peristiwa
10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.
Berdasarkan
teks di atas, perhatikan peta pikiran berikut ini!
Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan
pembicara/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK.
Ciri-ciri kalimat efektif
1.
Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
2.
Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
3.
Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
4.
Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.
Contoh Kalimat Efektif
Bagi
semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (tidak efektif)
Semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (efektif)
Dia yang pergi meninggalkan saya. (tidak
efektif)
Dia pergi meninggalkan saya. (efektif)
Adik demam sehingga adik tidak dapat masuk
sekolah. (tidak efektif)
Adik demam sehingga tidak dapat masuk sekolah.
(efektif)
Para
siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (tidak
efektif)
Siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk
perguruan tinggi. (efektif)
Ia masuk ke dalam ruang kelas. (tidak efektif)
Ia masuk ruang kelas. (efektif)
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara
membuang, memilah, dan pengolahannya. (tidak efektif)
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara
membuang, memilah, dan mengolahnya. (efektif)
Kamu sapulah lantai rumah agar bersih! (tidak efektif)
Sapulah lantai rumahmu agar bersih! (efektif)
Kepada Bapak Kepala Sekolah, waktu dan tempat kamu
persilakan. (tidak efektif)
Bapak Kepala Sekolah dipersilakan menyampaikan
pidatonya sekarang. (efektif)
Setelah belajar tentang sejarah perjuangan
mempertahankan kemerdekan, sekarang kamu akan mempelajari tentang cara hewan
menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan
cecak?
Amati gambar berikut!
Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan segala keunikan dan keistimewaannya, tidak terkecuali hewan.
Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal
dengan ciri khusus. Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang
erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di
dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding,
dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.
Perhatikan gambar berikut!
Ciri khusus dan habitat hewan
1.) Kelelawar (Goa, di darat ); Ciri khusus: dapat
melakukan ekolokasi yaitu kemampuan untuk mendeteksi mangsa, pemangsa, dan
benda di sekitarnya menggunakan pantulan bunyi
2.) Bebek (lumpur, di air); Ciri khusus: memiliki kaki
berselaput untuk memudahkan berenang dan berjalan di lumpur, memiliki paruh
lebar dan pipih untuk mencari makanan yang ada di lumpur
3.) Cicak ( dinding, di darat ); Ciri khusus :
memiliki perekat di telapak kaki untuk memudahkan merayap di dinding, dapat
melakukan autotomi, yaitu memutuskan ekor untuk mengelabui pemangsa
4.) Bunglon ( Pohon, di darat ); Ciri khusus :dapat
ber komuflase yaitu mengubah warna kulit sesuai kondisi lingkungan untuk
mengelabui musuh, memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsa
5.) Walang sangit ( tanaman, di darat ); Ciri khusus :mengeluarkan
bau menyengat untuk melindungi diri dari pemangsa
6.) Landak ( hutan, di darat ); Ciri khusus :memiliki
rambut seperti duri untuk menakuti dan melindungi diri dari pemangsa
7.) Kalangjengking ( daerah lembab ); Ciri khusus :memiliki
sengat beracun untuk menyerang musuh, memiliki capit di dekat mulut untuk
memangsa dan melindungi diri dari musush
8.) Burung hantu ( Pohon, di darat ); Ciri khusus :memiliki
penglihatan tajam untuk mencari mangsa pada malam hari
9.) Cumi cumi ( lautan, di air ); Ciri khusus :memiliki
cairan hitam seperti tinta untuk melarikan diri dari pemangsa
10.) Ikan buntal ( lautan, di air ); Ciri khusus :memiliki
kemampuan menggembungkan diri untuk pertahanan diri, memiliki duri beracun
untuk melindungi diri dari pemangsa
11.) Lumba-lumba dan ikan paus ( lautan, di air ); Ciri
khusus :muncul ke permukaan air pada waktu tertentu untuk bernafas
12.) Beruang kutub ( Kutub ); Ciri khusus :melakukan
hibernasi pada musim dingin untuk menghemat energi
Demikian sekelumit materi dari buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 PB1 sekedar mengingatkan pembelajaran hari ini.
Pastinya terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 di atas oleh karenanya diharapkan saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.
Saran dan kritik atas tulisan Kegiatan
Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 diatas
silahkan tuliskan di komentar.
Selamat
berjumpa di artikel selanjutnya.
Pergi kondangan makan bakso aci,
cukup sekian dan terima kuaci….
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
#cariakujikatakkautemukanakudisurgaNya
0 Komentar untuk "Kegiatan Belajar dirumah Tema 2 Subtema 2 PB1 Kelas 6"
Post a Comment